header photo

Sebuah pertanyaan yang tak terjawab hingga sekarang

Ini adalah satu pertanyaan yang muncul dalam pemikiranku dulu, ketika aku sedang duduk di bangku sekolah menengah umum, tepatnya ketika aku sedang gila-gilanya dengan pelajaran fisika.


Seandainya bumi ini bisa di letakkan diatas timbangan, lalu kita ukur beratnya:

Apakah berat (masa) bumi 30 tahun yang lalu dengan berat bumi yang sekarang itu berubah? atau tetap sama?
atau
Apakah berat bumi itu berubah-ubah tiap waktu?

Mengapa ini jadi pertanyaanku?
Karena yang aku sadari:

  1. Bukankah tiap harinya manusia bertambah banyak?
    Bayangkan saja..., sekarang jumlah penduduk Indonesia lebih 230 juta, sedangkan ketika kita memasuki abad milenium jumlah penduduk Indonesia 200 juta. Jadi dari contoh ini, aku berfikir: "Tentulah masa bumi bertambah besar, karena kecenderungan pertumbuhan penduduk manusia jauh lebih besar dibandingkan tingkat kematiannya"
  2. Bukankah manusia melakukan proses konsumsi (memakan)? Demikian juga makhluk yang lainnya melakukan aktivitas makan memakan. Jadi seandainya seseorang memakan sesuatu (tentunya yang memiliki masa tersendiri), bukankah itu hanya proses perpindahan masa saja?
    Maksudku seperti ini..., seandainya berat manusia itu 65 Kg (sama seperti berat badanku hehehehe....) dan yang dia makan itu dalam sehari adalah 1 Kg, bukankah berat manusia itu menjadi 66 Kg. Sehingga walaupun sesuatu yang dimakan manusia tadi tidak ada di dunia ini (karena sudah masuk ke perut manusia tadi-red), tetap saja berat keseluruhan tetaplah 66 KG, walaupun yang masih ada eksistensinya di muka bumi ini hanyalah manusia sedangkan "sesuatu yang dimakan manusia tadi" telah tidak ada lagi di atas permukaan bumi. Jadi bukankah proses makan-memakan ini hanyalah perpindahan masa antara satu eksistensi kepada eksistensi yang lain?
    Jadi menimbang dari penjabaranku ini proses makan-memakan tidak menambah/mengurangi masa bumi. Sehingga sangat mendukung jika untuk menjawab pertanyaanku di atas, berat bumi adalah tetap dari waktu kewaktu .
SEbenarnya ada beberapa statement yang bisa kubuat untuk mendukung kebingunganku dalam menjawab pertanyaanmu di atas. Tepi ternyata aku cukup malas untuk menumpahkan semua hal yang ada di dalam otakku ini dalam sebuah tulisan ini. Maaaf ya hehehe....(^.^)


    Oke...! jadi menurut kalian:
    Apakah masa bumi ini berubah???

    Ditunggu respon dari kalian, terserah apakah kalian sertakan juga alasan pendukung tentang jawaban kalian atau tidak, yang pasti repon dari kalian akan sangat membantuku dalam menjawab pertanyaan yang cukup lama tak menemukan jawaban hingga sekarang.

    Regard,

    Sonny Aries

    0 komentar:

    Search Engine Optimization